Mistik Ketimuran : Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan

Kategori: Buku Referensi | 31 Kali Dilihat
Mistik Ketimuran : Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan Reviewed by Tya Chan on . This Is Article About Mistik Ketimuran : Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan

Mistik Ketimuran : Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan Buku Mistik Ketimuran: Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan Kebatinan dalam Budaya Jawa. Penulis merasa tertarik ingin mengkaji salah satu kekhasan dimensi spiritual yang ada dalam budaya Indonesia, yaitu Mistik dalam Kebatinan Jawa. Salah satu penyebab sikap-curiga, hilangnya sikap santun, tata krama dan iri hati disebabkan… Selengkapnya »

Rating: 4.5
Harga:Rp 53.000

Order via Whatsapp

0822-4482-9641 (WA)

Format Whatsapp : ORDER#JUDUL BUKU#BANYAK BUKU (lampirkan gambar/screenshot sampul Buku) Nama Pemesan:Alamat Lengkap:No. Hp:
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : obdp092t
Stok Tersedia
0.2 kg Kg
20-02-2018
Detail Produk "Mistik Ketimuran : Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan"

Mistik Ketimuran : Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan

Buku Mistik Ketimuran: Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan Kebatinan dalam Budaya Jawa. Penulis merasa tertarik ingin mengkaji salah satu kekhasan dimensi spiritual yang ada dalam budaya Indonesia, yaitu Mistik dalam Kebatinan Jawa. Salah satu penyebab sikap-curiga, hilangnya sikap santun, tata krama dan iri hati disebabkan karena sudah lunturnya budaya bangsa dalam masyarakat. Budaya adalah sebuah alur sikap yang di budi (pikir) dan doyo = roso (dirasakan). Salah satu peninggalan berharga bagi spiritual Jawa menurut penulis adalah Seni menanggapi segala hal dengan roso. Bagi Penulis, roso inilah yang menjadi salah satu hal mendasar dalam unsur mistik dalam Jawa. Tulisan ini mengajak pembaca untuk masuk dalam petualangan Intelektual Alam Pikir Jawa dan juga Petualangan Spiritual dalam budaya Jawa. Buku ini membawa kita untuk dapat memahami dan melihat sejauh mana Hinduisme ini memberikan sumbangan bagi perkembangan kebudayaan Jawa secara umum dan secara khusus bagi perkembangan penghayatan kebatinan. Metode yang dipakai dalam penulisan ini adalah tematis. Perjumpaan besar Hinduisme dalam perkembangan kebatinan Jawa adalah sintesis atman-brahman. Atman itu identik dengan Brahman. Sintesis inilah yang kemudian mengarahkan akan keidentikkan Jagad cilik (mikrokosmos) dengan jagad gedhe (makrokosmos) yang mengarahkan pada harmoni kemanunggalan. Kemanunggalan inilah yang menjadi jalan pelepasan menuju sangkan paraning dumadi. Inilah moksha dalam konsep kebatinan Jawa. Secara menyeluruh budaya Jawa tidak bisa lepas dengan Hinduisme karena lamanya periode Hindu di pulau Jawa. Maka dari itu buku ini akan membawa secara mendetail tentang konsep Hinduisme yang nantinya menjadi penghubung dan pisau analisis tentang kebatinan dan kebudayaan Jawa. Penulisan ini diawali dengan memberikan penggambaran tentang Perkembangan dan pertumbuhan Hinduisme. Kemudian alur penulisan ini menuju pada penggambaran karakteristik Kebudayaan Jawa. Setelah pembahasan tentang Hinduisme dimulai perkembangan dan pertumbuhannya, juga termasuk dengan ajarannya, serta dari melihat karakteristik Kebudayaan Jawa kemudian kita akan melihat perjumpaan Hinduisme dengan penghayatan kebatinan dalam Budaya Jawa. Pada bagian penutup buku ini, penulis akan memberikan sebuah tanggapan pribadi dan relevansi sehubungan dengan aliran-aliran kebatinan.

 

Detail Buku:
Judul: Mistik Ketimuran: Perjumpaan Hinduisme dengan Penghayatan

Kebatinan dalam Budaya Jawa

Pengarang: Carolus Lwanga Tindra Matutino Kinasih
Bidang Ilmu: Sains dan Budaya
ISBN: 9786024012991
Ukuran: A5
Halaman: 154 hlm
Terbit: April 2016
Ketersediaan: 3. Stock di gudang supplier (Deepublish)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

 
Live Chat