Buku Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa

Kategori: Buku Ajar » Buku Cerita Anak » Buku Kumpulan Cerita dan Cerpen » Buku Novel | 53 Kali Dilihat
Buku Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa Reviewed by Tya Chan on . This Is Article About Buku Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa

Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa Buku Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa| Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk mengetahui bagaimana tipologi pada masing-masing cerita laki-laki buruk rupa dan mengetahui bagaimana tipologi/pola umum pada cerita-cerita laki-laki buruk rupa.Harapannya, buku tipologi ini dapat bermanfaat bagi pembaca, guru, siswa untuk… Selengkapnya »

Rating: 4.5
Harga:Rp 62.000

Order via Whatsapp

0822-4482-9641 (WA)

Format Whatsapp : ORDER#JUDUL BUKU#BANYAK BUKU (lampirkan gambar/screenshot sampul Buku) Nama Pemesan:Alamat Lengkap:No. Hp:
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : obdp020t
Stok Tersedia
Kg
11-02-2018
Detail Produk "Buku Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa"

Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa

Buku Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa| Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk mengetahui bagaimana tipologi pada masing-masing cerita laki-laki buruk rupa dan mengetahui bagaimana tipologi/pola umum pada cerita-cerita laki-laki buruk rupa.Harapannya, buku tipologi ini dapat bermanfaat bagi pembaca, guru, siswa untuk menambah wawasan tentang folklor/cerita rakyat. Cerita rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa. Dalam KBBI (395:2008), folklor adalah adat istiadat tradisional dan cerita rakyat yang diwariskan secara turun temurun, tetapi tidak dibukukan. Sejalan dengan pendapat William R. Bascom dalam buku Danandjaja (1986: 49) yang berjudul “Folklor Indonesia” mengatakan bahwa cerita rakyat dapat dibagi dalam tiga golongan besar yaitu: (1). Mite (myth) adalah cerita prosa rakyat, yang dianggap benar-benar terjadi serta dianggap suci oleh yang empunya cerita. Mite ditokohi oleh para dewa atau mahluk setengah dewa. Peristiwa terjadi di dunia lain, atau di dunia yang bukan seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadi pada masa lampau, (2). Legenda (legend) adalah cerita prosa rakyat, yang dianggap oleh empunya cerita sebagai suatu kejadiaan yang sungguh-sungguh pernah terjadi. Berbeda dengan mite, legenda bersifat sekuler (keduniawian), terjadinya pada masa yang belum begitu lampau, dan bertempat di dunia seperti yang kita kenal sekarang. Legenda biasanya bersifat migratoris, yakni dapat berpindah-pindah, sehingga dikenal di daerah-daerah yang berbeda. Selain itu, legenda acapkali tersebar dalam bentuk pengelompokan yang disebut siklus (cycle), yaitu sekelompok cerita yang berkisar pada suatu tokoh atau suatu kejadian tertentu, dan (3). Dogeng (folklate). Jika legenda adalah sejarah kolektif (folk history), maka dogeng adalah cerita pendek kolektif kesusastraan lisan. Cerita rakyat Indonesia dapat dikatakan sebagai sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa. Fungsi Cerita rakyat selain sebagai hiburan juga bisa dijadikan suri tauladan terutama cerita rakyat yang mengandung pesan-pesan pendidikan moral. Banyak yang tidak menyadari kalo negeri kita tercinta ini mempunyai banyak Cerita Rakyat Indonesia yang belum kita dengar, bisa dimaklumi karena cerita rakyat menyebar dari mulut  ke mulut yang diwariskan secara turuntemurun. Namun sekarang banyak Cerita rakyat yang ditulis dan dipublikasikan sehingga cerita rakyat Indonesia bisa dijaga dan tidak sampai hilang dan punah.

 

Detail Buku:
Judul: Buku Analisis Folklor Tipologi Cerita Laki-Laki Buruk Rupa
Pengarang: Evi Sulistyaningsih, M.Pd.
Institusi: SDN 002 Tanjung Redab
Bidang Ilmu: Bahasa dan Sastra
ISBN: 978-602-401-159-8
Ukuran: 14×20 cm
Halaman: xiv,  160 hlm
Terbit: Januari 2016
Ketersediaan: stock di gudang supplier (Deepublish)

Tags: , , , , , , , ,

 
Live Chat