Buku Ilmu Kalam karya Murip Yahya

Kategori: Buku Ajar | 55 Kali Dilihat
Buku Ilmu Kalam karya Murip Yahya Reviewed by Tya Chan on . This Is Article About Buku Ilmu Kalam karya Murip Yahya

Buku Ilmu Kalam karya Murip Yahya Buku Ilmu kalam | Buku bahan ajar yang sederhana dan sangat ringkas ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk membatasi Anda, tetapi sebaliknya buku bahan ajar ini dirancang untuk belajar mandiri dengan perkuliahan yang terbatas, artinya Anda diminta untuk lebih banyak mengambil prakarsa, kegiatan dan kreatif.… Selengkapnya »

Rating: 4.5
Harga:Rp 50.000

Order via Whatsapp

0822-4482-9641 (WA)

Format Whatsapp : ORDER#JUDUL BUKU#BANYAK BUKU (lampirkan gambar/screenshot sampul Buku) Nama Pemesan:Alamat Lengkap:No. Hp:
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : obdp079t
Stok Tersedia
Kg
19-02-2018
Detail Produk "Buku Ilmu Kalam karya Murip Yahya"

Buku Ilmu Kalam karya Murip Yahya

Buku Ilmu kalam | Buku bahan ajar yang sederhana dan sangat ringkas ini tentu saja tidak dimaksudkan untuk membatasi Anda, tetapi sebaliknya buku bahan ajar ini dirancang untuk belajar mandiri dengan perkuliahan yang terbatas, artinya Anda diminta untuk lebih banyak mengambil prakarsa, kegiatan dan kreatif. Oleh karena itu, pahamilah buku Ilmu Kalam ini dan manfaatkan aktivitas belajar kelompok untuk lebih mendalami materi, belajar mandiri untuk menjawab tugas-tugas yang ada pada buku Ilmu kalam dan mengikuti perkuliahan untuk mendiskusikannya dengan dosen Anda, sehingga Anda mendapatkan hasil yang optimal.

Setelah mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan Anda mampu memahami konsep dasar ilmu kalam; pengertian, nama lain ilmu kalam, sumber dan sebab-sebab berdirinya ilmu kalam.

Kata “kalam” berasal dari kata “kalama” artinya berbicara. Ilmu Kalam yaitu ilmu yang membahas masalah-masalah ketuhanan (maka, dzat dan sifat Tuhan) serta masalah pelik lainnya terutama yang berhubungan dengan keagamaan, seperti qadla, qadar dan ikhtiar.

Menurut ‘Abd al-rahan ibn Ahmad, ilmu kalam adalah ilmu yang mampu membuktikan kebenaran akidah Islam dan menghilangkan kebimbangan dengan mengemukakan hujjah atau argumentasi. Al-Ahwani menyebutkan ilmu kalam sebagai ilmu yang memperkuat akidah-akidah agama dengan menggunakan argumentasi rasional. Sementara itu, Muhammad ibn ‘Ali-Tahawani menjelaskan bahwa ilmu kalam ialah ilmu yang mampu menanamkan keyakinan beragama terhadap orang lain dan mampu menghilangkan keraguan dengan mengajukan hujjah atau argumentasi (Ilhamuddin, 1997:1-2). Pendapat yang hampir sama dikemukakan oleh Tasy Kubra Zadah yang mengatakan bahwa cabang kelima dari ilmu-ilmu syariat adalah ilmu ushuluddin yang juga disebut ilmu kalam yaitu   sebagai ilmu yang mampu membuktikan kebenaran akidah agama islam dan menghilangkan keraguan dengan mengajukan argumentasi (1997:1).

Ilmu ini disebut ilmu kalam karena masalah penting yang dibicarakan di dalamnya adalah mengenai kalam Allah, yaitu Al-Qur’an. Ilmu kalam menyangkut persoalan akidah yang mendalam, seperti tauhid, hari akhirat, hakikat sifat-sifat Tuhan, Qada, dan qadar, hakikat kenabian dan penciptaan Al-Qur’an. Pada mulanya ilmu kalam bertujuan untuk mengantisipasi pengaruh ide-ide luar yang dapat merusak akidah umat Islam karena perubahan lingkungan tatkala meluasnya wilayah Islam setelah wafatnya Rasulullah SAW.

 

Detail Buku: 
Judul: Ilmu Kalam
Pengarang: Murip Yahya, M.Pd
Institusi: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jatibandung
Bidang Ilmu: Agama Islam
ISBN: 978-602-7811-60-7
Ukuran: A5
Halaman: viii+70 hlm
Terbit: Januari 2015
Ketersediaan: stock di gudang supplier (Deepublish)

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

 
Live Chat